Rhenald Kasali Masuk Top 30 Guru Manajemen Dunia

Pemeringkatan ini dilansir lembaga riset The Global Gurus.

Dalam daftar top 30 guru besar Fakultas Ekonomi itu bertengger dengan akademisi dari kampus-kampus kelas wahid dunia. Seperti John P. Kotter (Harvard Business School, USA), Clayton Christensen (Harvard Business School, USA), Philip Kotler (Kellogg School of Management, Northwestern University, USA), dan Roger Martin (the Rotman School of Management, Canada).

‘’Prestasi ini menjadi pengakuan komunitas internasional kepada UI,’’ kata Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti, Kamis (17/3).

Sementara itu Rhenald mengatakan pencapaian itu bukan semata miliknya. Tetapi milik bersama. Dia mengaku sama sekali tidak mendaftar.

Rhenald baru mengetahui setelah mendapatkan email dari lembaga riset yang melakukan penyaringan. Informasi yang dia terima, ada 22 ribu kandidat global guru yang dinilai.

Dari capaian ini, baginya terbukti bahwa mata dunia telah melihat Indonesia dan UI pada khususnya. Dia berharap seluruh akademisi di Indonesia, bersama-sama meningkatkan kerjasama dengan pendidikan di komunitas internasional.

“Selain itu publikasi ilmiah internasional juga harus ditingkatkan,” kata dia.

Menurut pendiri Rumah Perubahan itu, pencapaian top 30 guru manajemen dunia itu, juga tak lepas dari unsur pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Dia juga menjelaskan, Indonesia saat ini dihadapkan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Baginya MEA adalah momentum untuk direbut dan dimanfaatkan generasi muda Indonesia.

Baginya MEA tidak perlu dipandang sebagai ancaman. Melainkan sebagai peluang untuk membuka cakrawala dan peluang ekonomi efisiensi (sharing economy).

Rhenald Kasali meraih gelar profesor di UI pada tahun 2009. Sebelumnya, Rhenald meraih gelar PhD dari University of Illinois. Rhenald telah banyak dipercaya memimpin transformasi, di antaranya menjadi pansel KPK sebanyak 4 kali dan menjadi praktisi manajemen. (wan/agm)